Kamis, 07 Mei 2009

Tagged Under:

Soal & Jawaban Mid Semester PPD kelas K

By: Unknown On: Kamis, Mei 07, 2009
  • SHARE THIS
  • BAGI MAHASISAWA-MAHASISWA KELAS K PPD UNIMA: Awas ngoni meniru pa qta pe jawaban eee??**muka setang**

    1. Jelaskan esensi perkembangan dibandingkan dengan pertumbuhan dalam eksistensi kehidupan manusia!

    - Pada dasarnya, Perbandingan antara perkembangan dan pertumbuhan adalah: Pertumbuhan lebih cenderung ke perubahan bentuk fisik, Kuantitatif, dan dapat diukur dengan akurat. Sedangkan Perkembangan lebih cenderung ke proses menuju kedewasaan(menuju suatu keadaan yang lebih tinggi, teratur dan lebih kompleks), kualitatif dan tidak dapat kembali ke keadaan yang semula.
    Dalam kehidupan manusia, Pertumbbuhan dan perkembangan berjalan selaras kecuali ada kelainan. Petumbuhan merupakan Sesutu yang lebih konkrit karena dapat langsung dilihat, sedangkan perkembangan Manusia bersifat lebih abstrak, perlu perhatian lebih untuk memahaminya.


    2. Jelaskan peran dari aliran-aliran empirisme, nativisme dan konvergensi dalam perkembangan manusia! Aliran mana yang menurut anda lebih dominan mempengaruhi perkembangan anda?

    - Saya lebih familiar dengan istilah Nature dan Nurture.
    Seperti yang dikemukakan oleh Scopenhol ;Perkembangan manusia ditentukan oleh Gen.
    Bertolak belakang dengan teori john Lock yaitu Tabula-Rasa; ‘Manusia sebagai kertas putih dan digambar dengan/melalui lingkungan’. Dari dua teori yang bertolak belakang diatas, muncullah teori konvergensi(gabungan) yang dikemukakan oleh William Stern; Perkembangan manusia ditentukan sebagian dari gen dan srbagian dari lingkungan.

    Dan aliran yang menurut saua lebih dominant mempengaruhi saya adalah aliran dari John Lock, dengan Teori Tabularasa-nya . .faktor gen tetap ada, namun faktor lingkungan lebih dominan kepada saya.

    3. Mengapa perkembangan itu harus berlangsung secara berkesinambungan dan mengapa perkembangan awal menjadi sangat esensial bagi perkembangan selanjutnya?

    - Suatu perkembangan memang harus berlangsung secara berkesinambungan, karena biasanya jika suatu urutan atau suatu “sambungan” hilang, maka akan berpengaruh pada masa dewasa, teruatma pada hal penyesuaian diri.
    Perkembangan awal suatu individu teramat sangat penting karena dari masa awal sudah mulai terbentuk karqakter daripada individu itu sendiri yang akan dibawanya sampai pada akhir hayatnya. Perkembangan awal juga adalah saat dimana suatu individu daya serap akan sesuatu amat capat dan sulit dilupakan, oleh karena itu pada masa awal perkembangan harus hati-hati dalam mengajarkan sesuatu dan juga lingkungan perkembangan yang cukup berperan penting dalam membentuk karakter suatu individu.

    4. Mengapa anda sebagai calon guru perlu memahami tentang perkembangan peserta didik ?

    - Dengan memahami tentang perkembangan peserta didik, Calon guru dapat memahami bagaiman perkembangan mental karakter maupun fisik peserta didiknya, sehingga dapat memilih cara terbaik untuk mengajar dan mengatasi segala hal tentang pederta didiknya.





    5. Jelaskan minimal 2 indikator perbedaan dari tugas perkembangan pada masa bayi, anak-anak, dan remaja!

    - Perkembangan tugas perkembangan pada masa bayi atau ATITAMA(Anak Tiga Tahun Pertama) adalah: Merangkak, Berdiri dan berjalan, juga tugas perkembangan social seperti;
    2-3 bulan: mampu membedakan manusia dan benda mati, tahu bahwa manusialah yang memenuhi segala kebutuhannya, tidak suka ditinggal sendiri, tidak menunjukkan rasa suka terhadap satu orang tertentu.
    4-5 bulan: bayi suka digendong oleh siapa saja, memberi reaksi yang berbeda terhadap wajah yang tersenyum, suara yang ramah, atau suara yang menunjukkan kemarahan.
    6-7 bulan: mampu membedakan “teman” dan “orang asing” sehingga menunjukkan reaksi tersenyum kepada teman, dan menunjukkan rasa takut kepada orang asing. Sudah ada keterikatan yang kuat terhadap ibu atau pengganti ibu.
    8-9 bulan: mencoba meniru kata-kata, isyarat atau gerakan sederhana dari orang lain.
    12 bulan: bayi bereaksi terhadap larangan.
    16-18 bulan: muncul negativisme dalam bentuk keras kepala dan tidak mau mengikuti permintaan atau perintah orang dewasa, bisa berupa perilaku menarik diri atau ledakan amarah.
    22-24 bulan: mulai bekerjasama dalam kegiatan rutin seperti makan, berpakaian dan mandi.
    Reaksi sosial terhadap bayi lain
    4-5 bulan: menarik perhatian bayi lain dengan menggerakkan badan, bermain ludah, menendang atau tertawa.
    6-7 bulan: tersenyum pada bayi lain dan menunjukkan minat pada tangisan bayi lain.
    9-13 bulan: mencoba memegang pakaian dan rambut bayi lain, mencoba bekerjasama dalam bermain, tetapi bingung jika mainannya diambil bayi lain.
    18-24 bulan: berminat bermain dengan bayi lain.

    Sedangkan Tugas perkembangan pada masa remaja menurut Havighurst adalah;

    1. Mencapai suatu hubungan yang baru dan lebih matang antara lawan jenis yan seusia.
    2. Dapat menjalankan peran sosial maskulin dan feminin.
    3. Menerima keadaan fisik dirinya sendiri dan menggunakan tubuhnya secara lebih efektif.
    4. Mengharapakan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab.
    5. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.
    6. Mempersiapkan karir ekonomi.
    7. Mempersiapkan perkawinan dan keluarga.
    8. Memperoleh perangkat nilai dan sistem etis sebagai pegangan untuk berperilaka dan mengembangkan ideologi.

    0 comments:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...