Selasa, 24 Maret 2009

Tagged Under:

Isi tugas paper PPD: Prinsip-prinsip Perkembangan (bagian 1)

By: Unknown On: Selasa, Maret 24, 2009
  • SHARE THIS
  • 1. Apa perkembangan individu itu?
    Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan -perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.
    2. Apa yang dimaksud dengan sistematis ?
    Sistematis adalah bahwa perubahan dalam perkembangan itu bersifat saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara satu bagian dengan bagian lainnya, baik fisik maupun psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Contoh : kemampuan berbicara seseorang akan sejalan dengan kematangan dalam perkembangan intelektual atau kognitifnya. Kemampuan berjalan seseorang akan seiring dengan kesiapan otot-otot kaki. Begitu juga ketertarikan seorang remaja terhadap jenis kelamin lain akan seiring dengan kematangan organ-organ seksualnya.
    3. Apa yang dimaksud dengan progresif ?
    Progresif berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan meluas, baik secara kuantitatif (fisik) mapun kualitatif (psikis). Contoh : perubahan proporsi dan ukuran fisik (dari pendek menjadi tinggi dan dari kecil menjadi besar); perubahan pengetahuan dan keterampilan dari sederhana sampai kepada yang kompleks (mulai dari mengenal huruf sampai dengan kemampuan membaca buku).
    4. Apa yang dimaksud dengan berkesinambungan ?
    Berkesinambungan artinya bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan. Contoh : untuk dapat berdiri, seorang anak terlebih dahulu harus menguasai tahapan perkembangan sebelumnya yaitu kemampuan duduk dan merangkak.
    5. Apa ciri-ciri perkembangan individu?
    Perkembangan individu mempunyai ciri-ciri umum sebagai berikut :
    1. Terjadinya perubahan dalam aspek :
    Fisik; seperti : berat dan tinggi badan.
    Psikis; seperti : berbicara dan berfikir.
    2. Terjadinya perubahan dalam proporsi.
    Fisik; seperti : proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangannya.
    Psikis; seperti : perubahan imajinasi dari fantasi ke realistis.
    3. Lenyapnya tanda-tanda yang lama.
    Fisik; seperti: rambut-rambut halus dan gigi susu, kelenjar thymus dan kelenjar pineal.
    Psikis; seperti : lenyapnya masa mengoceh, perilaku impulsif.
    4. Diperolehnya tanda-tanda baru.
    Fisik; seperti : pergantian gigi dan karakteristik sex pada usia remaja, seperti kumis dan jakun pada laki dan tumbuh payudara dan menstruasi pada wanita, tumbuh uban pada masa tua.
    Psikis; seperti berkembangnya rasa ingin tahu, terutama yang berkaitan dengan sex, ilmu pengetahuan, nilai-nilai moral dan keyakinan beragama.
    6. Apa prinsip-prinsip perkembangan inidividu?
    Prinip- prinsip perkembangan individu, yaitu :
    Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti.
    Semua aspek perkembangan saling berhubungan.
    Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
    Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
    Setiap individu normal akan mengalami tahapan perkembangan.
    Perkembangan mengikuti pola atau arah tertentu.
    Bagaimana pola atau arah perkembangan inidividu?
    Arah atau pola perkembangan sebagai berikut :
    Cephalocaudal & proximal-distal (perkembangan manusia itu mulai dari kepala ke kaki dan dari tengah (jantung, paru dan sebagainya) ke samping (tangan).
    Struktur mendahului fungsi.
    Diferensiasi ke integrasi.
    Dari konkret ke abstrak.
    Dari egosentris ke perspektivisme.
    Dari outer control ke inner control.
    8. Bagaimana tahapan-tahapan perkembangan individu?
    Dalam berbagai literatur kita dapati berbagai pendekatan dalam menentukan tahapan perkembangan individu, diantaranya adalah pendekatan didaktis. Dalam hal ini, Syamsu Yusuf (2003) mengemukakan tahapan perkembangan individu dengan menggunakan pendekatan didaktis, sebagai berikut :
    Masa Usia Pra Sekolah
    Masa Usia Pra Sekolah terbagi dua yaitu (1) Masa Vital dan (2) Masa Estetik
    Masa Vital; pada masa ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya. Untuk masa belajar pada tahun pertama dalam kehidupan individu, Freud menyebutnya sebagai masa oral (mulut), karena mulut dipandang sebagai sumber kenikmatan dan merupakan alat untuk melakukan eksplorasi dan belajar.Pada tahun kedua anak belajar berjalan sehingga anak belajar menguasai ruang, mulai dari yang paling dekat sampai dengan ruang yang jauh. Pada tahun kedua umunya terjadi pembiasaan terhadap kebersihan. Melalui latihan kebersihan, anak belajar mengendalikan impuls-impuls atau dorongan-dorongan yang datang dari dalam dirinya.
    Masa Estetik; dianggap sebagai masa perkembangan rasa keindahan. Anak bereksplorasi dan belajar melalui panca inderanya. Pada masa ini panca indera masih sangat peka.
    Masa Usia Sekolah Dasar
    Masa Usia Sekolah Dasar disebut juga masa intelektual, atau masa keserasian bersekolah pada umur 6-7 tahun anak dianggap sudah matang untuk memasuki sekolah. Masa Usia Sekolah Dasar terbagi dua, yaitu : (a) masa kelas-kelas rendah dan (b) masa kelas tinggi.
    Ciri-ciri pada masa kelas-kelas rendah(6/7 - 9/10 tahun) :
    Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi.
    Sikap tunduk kepada peraturan-peraturan permainan tradisional.
    Adanya kecenderungan memuji diri sendiri.
    Membandingkan dirinya dengan anak yang lain.
    Apabila tidak dapat menyelesaikan suatu soal, maka soal itu dianggap tidak penting.
    Pada masa ini (terutama usia 6 -8 tahun) anak menghendaki nilai angka rapor yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai baik atau tidak.

    0 comments:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...